Tuesday 30 June 2015

Day #12 : SOTO AYAM KUAH KUNING BENING..

Setelah beberapa hari menu oseng, hahaa,, pengen yang segeran dikit. Kemarin2 sempat buat soto sulung, tapi karena sisa jintan saya buang karena kondisi agak lembab. Jadinya buat soto yang paling mudah aja. Masukkan semua bumbu dapur yang ada. Simpel tapi suami dan Daffa suka lohh.. Suami sampai bilang beberapa kali kalo enak. Saya jadi berbunga2 padahal resep ini hanya ngasal hahahaa.. But indeed, ini enak kok. :D

Udahlah ya,,ini dia resepnya:

SOTO AYAM KUAH KUNING BENING..
*abaikan judulnya, saya ga pinter bikin judul menu >__<
Bahan kuah soto:
½ ekor Ayam (saya hanya sisa ayam yang ada, sekitar 4 potong kecil
3-4 liter air
daun bawang, diiris tipis
Garam secukupnya

Bumbu halus:
4 buah bawang putih
7 buah bawang merah
3 buah kemiri
3-5 cm kunir
sejumput merica
sejumput ketumbar
2cm jahe
Bumbu dapur:
Salam, laos, sereh, lengkuas

Cara membuat kuah sotonya:
Masak air dengan ayam selama 10 menit.
Masukkan bumbu halus dan bumbu dapur, aduk2.
Masak hingga sekitar 20 menit (saya pakai api sangat kecil)
Selama 20menit itu, kita sambil nyiapin bahan isian soto yukk..

Bahan isian:
Kubis diiris tipis (saya masak ¼ matang, hehe,,)
Taoge (saya masak ½ matang juga..)
Bihun jagung 150 gram (direndam air panas)
Tomat 1 buah, nanti diiris tipis
Kentang diiris tipis lalu digoreng
Seledri diiris tipis
Bawang goreng
Ayam dari hasil kuah soto, diambil lalu digoreng dalam wajan dg minyak panas. Kemudian disuwir2 kecil

Cara menyajikan:
Tata semua bahan isian ke dalam mangkok.
Masukkan kuah soto yang panas ke dalam mangkok.


Untuk cabenya:
Ulek cabe rawit sekitar 4-5 buah.
Masukkan /2 sendok sayur kuh soto, aduk2 rata.
Kalau suka cabe yang matang, maka cabe rawit bisa ditumis terlebih dahulu.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...