Monday 22 June 2015

Day #4 : Namanya sih, Bolu Jerman..

Nah, 3 hari sebelumnya hanya kasih resep lauk pauk favorit keluarga, yang pastinya simpel banget.. karna aku memang ga pandai masak, hehe. Sekarang hari keempat membuat kue untuk bahan camilan keluarga. Cerita mengenai kue, kita (saya, red.) masih belum mendapatkan feeling untuk membuatnya sesuai takaran kira2. Haha. Beberapa kali mencoba asal masuk ternyata tetep enak sih,, tapi hasil tak sesuai dengan harapan atau ekpektasi. Kecuali kalau masak kue di teflon atau dikukus, masih bisa itu pake prinsip asal cemplung :D Jadi dalam membuat kue dg oven, saya agak kapok sala cemplung2 sesuka hati hihiii.. apalagi oven kepunyaan saia hanyalah otang (oven tangkring) minimalis (baik dari fungsi maupun ukuran) yang hanya seharga 60ribu wakakakakkk... Perlu agak tricky banget, kara ga ada penunjuk suhu, bagian atas otang yg tertutup, dan bentuknya yg kecil sehingga mudah overheat.

Makanya, disini saya berbagi resep aja yg mudah dan anti gagal. Bahkan untuk otang minimalis seperti punya saya aja berhasil.. wkwkwkwk. Kue ini beberapa minggu lalu sedang ngehits di grup memasak. Dari namanya, Bolu Jerman, entah kenapa dinamain itu. Mungkin hasilnya warnanya kuning cantik seperti kulit orang bule kali yah. Tapi mengambil nama Jerman? Saia ga tau juga kenapa.

#Disclaimer: hasil kue saya agak gosong sedikit,,wekekekek di resep tertulis 40 menit. Saya tinggal leha2 bermain dengan anak2 hanya 20 menit, liat kue saya di oven, lha kok agak gosong luarnya..wakakaka. Oven saya ini memang ingin selalu diperhatikan, kalau perlu saat memasak harus senantiasa kita tunggu agar ga gosong T.T Matangnya lebih cepat dan overheat mlulu deh >__<

Ini nih penampakan fotonya. Niat hati ingin dipoles dulu dg buttercream dan keju biar makin canteeekk,, tapi apalah daya Daffa udah ga sabaran. Sekali makan langsung 8 potong habiss biss!!! Esoknya dia makan lagi 5 potong. Wowowww... jadi bikin saya berbunga2 dan mengabaikan gosongnya =)
Abaikan gosongnya T.T Penampakan harusnya kuning cantik gitu :p

Yowis, ini ya Resep BOLU JERMAN nyaaa...
Bahan:
6 butir telur kuning
3 butir telur putih
100 gr gula pasir
60 gr tepung terigu
35 gr tepung maizena
25 gr susu bubuk
½ sdt emulsifier (saya pakai TBM)
½ sdt vanili (saya pakai vanilla cair, adanya itu, wkwk)
2 sdm air (saya skip, haha, bilang aja males ambil air :p)
100 gr margarin cair

Cara membuat:
Kocok semua bahan kecuali margrin cair dg mixer. 10 menit kecepatan tinggi, 10 menit berikutnya kecepatan rendah.
Masukkan adonan margarin cair dg teknik aduk alik hingga merata
Siapkan loyang, lapisi dg margarin dan sedikit tepung dg rata
Masukkan ke oven, masak dg api 120o dlm waktu 45 menit (well, saya hanya 15 menit malah, karena di menit ke 20 gosong dikit wkwkwk)

Estmasi waktu: 40-60 menit

1 resep ini bisa untuk membuat 2 loyang ku yg ukuran 20*10cm
Akan lebih bagus jika pakai loyang bongkar pasang, lebih cantik n ga mengkerut kek punya saya (selain krn faktor terlalu tinggi suhu ovennya)


Gampang bingiiitt kaaannn,,,,, rasanya uiihhh lembut buanget mirip chiffon cake tapi ga semenul2 chiffon.  Iyalah, adonan sebelum masuk ke oven aja udah lembut kayak busa. Nyamnyam,, jadi mirip tekstur es krim yg sering dibuat sama Daffa.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...