Tuesday 30 June 2015

Day #8 : Risoles Kesayangan...

Karena hari ini hanya membuat menu oseng biasa, tempe dan telor yang mainstream dan pastinya tanpa resep sipapun pasti bisa, hehe,, Maka kali ini saya membuat risoles. Niat hati sih sediakan fozen risoles di kulkas biar bisa ngemil2 kalau lapar tinggal goreng. Eh ternyata ada rencana tak terduga kompleks rumah mau adain buber bareng. Yawis risolesnya kujadikan menu pembuka aja deh ditambahin mendoan.. malah lebih bermanfaat bisa disajikan untuk sekeluarga di kompleks. =)
Untuk isian risoles, sangaattt welcome mau diisi apa saja.
Makanan Pembuka Buber Kompleks Kemarin :p #seadanya di kulkas

Bahan isian:
Risoles biasa = isi irisan kotak2 wortel, kentang, ayam, daun bawang yang telah ditumis dengan bumbu halus berupa merica (kalau saya suka pakai merica hitam,my favorit,hehe) dan bawang halus plus sejumput garam

Risoles Mayo = kalau saya biasa diisi irisan sosis kotak2 kecil ditambah mayonaise dan keju parut

American Risoles = harusnya pakai smoked beef plus saos sambal dan telur rebus;
Tapi kalau saya pakai daging kornet+tepung (kalau mau modal, ditambahin telor, bisa di skip) yang  dibumbui dengan: ulekan garam, merica, bawang putih, jintan. Rasanya jadi seperti daging kebab gitu. Lalu dipanggang di atas grill happycall dengan digepengkan. Bisa pilih agak basah ataupun yang kering krispy seperti favorit saya.
Cara ini juga bisa digunakan kalau ingin membuat kebab. Tinggal menyiapkan tortillanya saja. Gampang juga kok membuat tortila hanya saja saya kurang pandai membuat jadi lebar dan tipis (ga ada tempat,,rumah kecil dapur sangat kecil, mau menggilas di keramik lantai yg sudah dibersihkan kok tetep ga tega hahaha... )
Nah, setelah teman2 sudah memilih mau membuat risoles dengan isi seperti apa, maka kita akan membuat lapisan kulit luar risoles.

Bahan kulit:
1 buah telur, kocok lepas
Sejumput garam
¾ susu bubuk plain sachet, saya pakai dancow (boleh di skip, tp nanti kulit ga selembut kalau pakai susu bubuk)
tepung terigu sekitar 150gr-200gr
air sekitar 200 ml
Maap saya ga bisa mengira2 ukurannya, kalau membuat hanya berdasar feeling. Adonan akhir, saya suka yg agak cair agar hasilnya tipis da lembut. Soalnya saya ga suka kulit yg terlalu tebal.
Ini risoles yang siap masuk ke chiller.
Total ada 2 kotak makan Tupperware besar :3

Cara membuat bahan isian:
Panaskan teflon (fleksibel mau teflon diameter apa aja, saya malah pakai wajan wok 32cm haha,,)
Ketika sudah panas masukkan satu sendok sayur ke dalam wajan, ratakan hingga membentuk agak bundar, seperti akan membuat telur dadar tipis nasi kuning halaahh..
Tunggu 10-15detik, lalu angkat.
Begitu terus di tuang sampai adonan habis.
Dengan bahan kulit di atas, saya bisa membuat kulit risoles sekitar 15-20 buah.
Bahan pelapis:
250 gram Tepung roti
1 buah Putih telur

Cara membuat risoles utuh:
Kulit risoles tadi diisi isian risoles seperti yang diinginkan, lalu lipat.
Bagian ujung direkatkan dengan putih telur agar nempel sempurna.
Masukkan ke dalam putih telur.
Gulirkan ke dalam tepung roti.
Jika ingin disantap nanti, bisa ditaruh kotak makan lalu simpan di chiller.
Jika ingin disajikan, maka langsung goreng di atas wajan.
Untuk yg disimpan di chiller, bisa awet hingga 4 hari. Kalau disimpan di freezer bisa awet hingga seminggu.

Estimasi waktu: 30-40 menit.



0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...