Thursday 3 May 2012

Mengenal Lebih Dekat Hemoroid: Apa dan Bagaimana : )


Bagi sebagian orang, terlebih bagi yang tidak mempunyai penyakit itu, seringkali menyepelekan dan terkekeh ketika ada orang yang sakit hemoroid. Penyakit tidak elit, katanya. ^__^ Tapi jangan salah ya,bagi kami yang mempunyai hemoroid di anus kami, kadang merasa ‘tersiksa’ ketika akan BAB. Kadang, sampai parno hingga menyebabkan malas makan, tak punya nafsu makan (karena terpikir akan susahnya BAB nanti). Saya pernah mengalaminya, selama 3 bulan setelah melahirkan. Sangat amat parno. It was really hurt n suffering.. : (
Okelah, karena saia juga termasuk penderita, suami dan keluarga2 saya, saya cukup tahu banyak tentang wasir ini dan akan saia bagikan ke sodara2 semua. So, apa sih wasir/hemoroid/ haemorrhoid itu? Sebenarnya itu seperti varises pada kaki, namun ini terjadi di dalam dinding anus. Ini terjadi karena ada pembengkakan/peradangan pembuluh darah sekitar anus/rektum bawah. Hemoroid ini pun dibagi menjadidua macam:
hemoroid interna : benjolan di dalam, sering berdarah saat BAB, tapi kadang tak terasa sakit meski keluar darah banyak *ini terjadi pd saia dulu, sampai horor sendiri melihat banyak darah keluar but it didn’t hurt me at all.. >.<
hemoroid externa : benjolan ada di luar anus, bisa teraba, jarang keluar darah, tapi kadang sakit kalo BABnya keras.. *
Jadi ada stadium2 utuk mengetahui sebearapa ‘gawat’ haemorhoid kita ini..
Stadium I : hemoroid interna; susah/sulit BABnya keluar; pernah ada darah keluar
Stadium II : Jika masih kecil, berupa hemoroid interna; ada darah keluar; tp jarang dan sedikit
Stadium III : Hemoroid externa, namun benjolan masih dapat masuk ‘elastis’ ke dalam anus lagi
Stadium IV : Hemoroid externa, dan benjolan sudah tidak dapat dimasukkan ke lubang anus lagi >.<
Penyebab wasir/haemorhoid ini apa? Ada yang bilang, ini ada juga penyebab keturunan. Karena ada gen dari penderita hemoroid yang juga diturunkan ke anaknya. Jadi, bentuk fisiologis anusnya sama. *Kebetulan, keluarga saya dan keluarganya Ayah kena wasir semua,hahaha.. Yang membedakan hanya besar kecilnya, tergantung pola makan/pola hidup masing2 individu.
Secara sebab musabab, wasir ini bisa muncul karena ada tekanan yang terlalu banyak pada dubur/anus, sehingga memaksa darah merenggangkan pembuluh darah hingga mengalami pembengkakan. >.<
Apa saja yang menyebabkan tekanan yang besar itu? Misal: mengejan saat BAB; duduk kelamaan; sering diare; wasir karena melahirkan/tekanan pd janin; sering angkat barang yg berat2; makan pedas2; apalagi yaaa...saia cuma tau itu..
Pengobatannya trus gimana dunk??? Ini tergantung dari stadiumnya yah, namun jika ingin tuntas, bisa dengan melakukan operasi haemoroidektomi  *Ini yang kemarin Ayah lakukan... Untuk std III/IV pasti para dokter menyarankan melakukan hemoroidektomi, entah pakai cara jahit biasa atau stapler. :p Tapi, bukan berarti setelah operasi, wasir ini akan hilang sama skali. Ingat ya, penyebab hemoroid ini selain keturunan; juga pola hidup-pola makan-pola BAB. So, setelah operasi, tetap hindari segala hal penyebab wasir ini.
Metode2 selain haemoroidektomi, diantaranya:
- Rubber band ligation : terbuat dari karet; ditempatkan di sekitar wasir di dalam anus *Cuma tau teori saja; entah sekarang masih dipakai atau gak..
- Sclerotherapy : larutan kimia disuntikkan ke wasirnya. Larutan ini akan menyebabkan rusaknya jaringan wasir, dan dipotong deh. *Masih ada pengobatan ini, biasanya untuk stadium awal, std I/II cmiiw..
- Teknik elektro-koagulasi/Laser : intinya menggunakan suatu perangkan yang ‘membakar’ jaringan haemoroid. *Ini juga yang kemarin Ayah lakukan,huhuu.. Kekurangannya, bisa jadi ada jaringan sehat lainnya yang ikut terbakar; dan pada akhirnya nanti akan menimbulkan pendarahan banyak, dan memungkinkan untuk dijahit kembali. Walau ini mungkin hanya sekian persen dari penderita yang diobati dg teknik ini.. ^^ Ini baru saya tahu setelah ngobrol dengan dokter bedah kami.. :’)

**Hanya metode/teknik ini yang saya tau. Mungkin ada teman yg mau nambahin? Maklum, kemajuan teknologi saat ini, memungkinkan untuk menemukan teknik pengobatan yang baru dan lebih aman dalam hal risiko pra/pasca tindakan, dll.

** Ada juga teknik pengobatan ala Bafar, yang terkenal seantero Indonesia, sbg Profesor Wasir. Wekekeke.. Namun, pengobatan bisa dibilang mahal. Untuk mengempiskan saja, murah, hanya 2jutaan. Namun untuk menghilangkan sampai tuntas, bisa puluhan juta, dengan diolesi suatu ‘ramuan ajaib’ selama 2 minggu, sekitar itu. *Maap sodara2, kurang tahu pasti saya, karna hanya melihatnya sering muncul di stasiun tipi sama webnya sekilas aja.. ^^
Trus buat yang belum kena wasir? Atau yang sudah ber-wasir, pencegahan n penanganannya gimana? Hehehe, ya tinggal melakukan kebalikan dr penyebab wasir aja.. (^.^)9
Misal dengan: jangan mengejan; makan buah-sayur-air banyak menghindari sembelit; jangan banyak/terlalu lama duduk; hindari mengangkat beban beraatt; gaya hidup sehat; banyak olahraga..

3 comments:

Anonymous said...

mbak, kenalin aku dyah. akumau nanya dong. aku juga menderita hemorrhoids externa stadium 3. dokter bedahku bilang, aku harus dioperasi. tapi aku masih takut karena banyak pasien yg menderita pasca operasi haemoroidektomi. pertanyaannya, bagaimana pengalaman suami mbak pasca operasi haemoroidektomi? apakah masih pendarahan? apakah lubang anus seperti bentuk semula (tidak mengkerut)? terimkasih :)

aNNas said...

mbak dyah, maaf baru balas, baru tau komennya.. gimana, apakah sudah operasi?
saran saya, gapapa operasi langsung ke dokter bedah langsung. sekarang banyak pilihan dan lebih maju.

risiko itu pasti ada. suami saya sampai perlu di-dilatasi karena lubang anusnya mengecil. huhu.. awal dua minggu sakit utk ke belakang, mungkin lukanya masih belum kering benar. tp sekarang, alhamdulillah sudah jarang ada keluhan, dan semoga sampai besok2 tidak kambuh lagi.. amiinn..

betewe, saia juga udah stadium tiga,, tp masih belum berniat operasi, ehehe,, soalnya besok kalau melahirkan lagi, ada kemungkinan hemorrhoidnya bakal muncul lagi, jd insya Allah mau operasi setelah besok aja punya anak kedua, kecuali ada force majeur untuk melakukannya lebih cepat. >.<

aNNas said...

ini mbak pengalaman saya sejak awal operasi hingga penyembuhannya, semoga menambah wawasan dan pertimbangan.. :)
http://memoarbunda.blogspot.com/2012/04/ayah-di-bulan-april-long-and-winding.html

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...