Monday 16 April 2012

- Testimoni Kami Tentang Clodi -


Karena sudah banyak teman2 yang bertanya all bout baby, *padahal saia juga tak expert2 amat. :P But, suka aja memberikan informasi apa yang Na tahu, tentu saja yang sudah saia praktekkan, saia lakukan. Seperti halnya tentang clodi alias cloth diapers. Pada akhir kehamilan dahulu, saya sudah membeli beberapa macam merk clodi. Maklum, masih belum tahu mana yang bagus/tidak, enak yg mana, dll. Akhirnya setelah Daffa lahir, barulah diujicobakan clodi yang telah kami beli.
Daffa baru mulai memakai clodi saat umur 2,5 bulan, ketika Bundanya mulai bekerja di kantor. Dan seiring waktu berjalan, kami pun dapat menentukan mana clodi yang bagus dan recommended. Well, clodi lokal yah, yang terjangkau kantong kami. Kalau clodi luar, mungkin setara lah kualitas dengan harganya. Maklum, kami cuma pernah mencoba Babyland dan QQ Minky untuk produk impornya. : ) *Cinta produk dalam negeri, euy.!! :D
 To the point aja, ini dia tipe clodi yang recommended –versi Ayah Bunda Daffa–
Clodi jenis Velcro
Clodi Jenis Snap

JENIS CLODI
Untuk kancingnya, kami lebih suka yang VELCRO (yang kancingnya tipe perekat kayak plester itu lho, *bingung cara mendiskripsikannya) dibanding tipe SNAP (yang banyak kancingnya). Alasan? Lebih mudah disesuaikan dengan lingkar perut bayi, lebih rapi, dan lebih enak dipandang. Males Bunda kalau liat yang banyak kancingnya. Hehee..
Untuk outernya, kami lebih suka yang berbahan PUL murni dibandingkan yang PUL Minky. Alasannya? Karena lebih simpel saja. Daripada minky, yang bahannya seperti beludru, jadi seperti boneka jika dipegang. Tapi nanti setelah lama dipakai, bahannya sudah tidak selembut dahulu. Jadinya ya, kurang oke menurut kami. Beda dengan PUL murni, yang masih sama seperti dulu awal kami beli, meski sudah dipakai lama. : )
Insert Cloth Diaper
 Untuk insertnya, kami lebih suka yang berbahan microfiber dan eucalyptus dibanding bamboo. Alasan? Bahan microfiber (yang bahannya seperti handuk githu) lebih awet dan lebih menyerap banyak air kencing dibanding bamboo. Bahan eucalyptus, tak ‘sebandel’ microfiber, tapi cukup tebal. Sayangnya kurang begitu awet juga pas di jahitannya. Oya, setelah 3 bulan kami memakai bahan bamboo, bahannya sudah sobek2 gitu. Huhuu,, Tak seawet microfiber. *Pilihlah bahan microfiber yang stay dry yah! Yang ada bagian fleece-nya/bagian lembutnya. Itu menjaga pantat bayi juga tetap kering. Bahan itu, diantaranya ada di produk Cluebebe dan GG.
Untuk jenis clodinya, kami lebih suka jenis pocket dibanding jenis cover. Jenis pocket itu, yang ada kantung untuk tempat insert, sehingga pantat bayi tak langsung bersentuhan dengan insertnya. Sedangkan jenis cover, tak ada kantung insert, sehingga pantat bayi langsung bersentuhan dengan insertnya. ^^
Cloth Diapers berdasar Berat
Cloth Diapers Jenis Pants
Ada banyak sekali jenis clodi tuh! Ada yang original, untuk bayi new born hingga sekitar 15 kg. Ada pula clodi yang up grade hingga berat bayi sekitar 25 kg. Kami punya 2 jenis clodi big size. Satu, jenis velcro biasa namun ada ‘sayapnya’, agar tak tembus ke samping *namanya large gusset. Maklum, semakin besar bayi kan semakin aktif gerakannya. Satunya jenis pants. Niatnya sih, setelah Daffa besar, sekalian melatih dia memakai celana. Gak lucu donk ya, udah gede tapi masih memakai clodi yang biasa, yang harus ditidurin dulu. ^.^ Semuanya sih bagus2 saja kok menurut kami. : )
Setelah panjang lebar bicara tentang bermacam tipe cloth diapers, sekarang kami mulai bicara tentag merk. Tenang, kami tak ada pesan sponsor kok,hahaa. :P Murni dari versi kami, setelah mencoba clodi merk: Pempem, Cluebebe, QQ, GG, Z-two, Babyland. Dari semuanya, ada satu clodi yang paling favorit! Ini dia ulasan kami.
I LOVE CLUEBEBE. Yeah, model so pasti bervariasi dan coraknya lucu2. :D Dari insertnya, mantab abiz. Tebel, ada fleecenya. Tak mudah tembus. Dan yang paling suka, sangat proporsional di badan bayi. Jadi tak kelihatan ‘njebubug’ atau kegedean popok dibanding badannya. ^.^ Kami punya banyak model: original, pants, sama yang large gusset.
Cukup suka sama GG. First, karena ramping juga, jadi tak kelihatan kebesaran popok. Kedua, insertnya lumayan tebel, ada fleece-nya. Sayangnya motif kurang bervariasi dan kurang lucu. *Biasa, cewek githu loh! Suka sama motif lutchuw2..hihii..
Cukup suka sama Pempem. Why? Karena motifnya lucu. Keliatan ramping dipakai juga. Tapi sayangnya, insertnya agak tipis. Jadi jika dibuat perbandingan, satu insert cluebebe = 2 insert Pempem! Hohoho..
Yang lainnya kurang suka. : ( Yang paling murah, Z-Two. Terlihat sekali perbedaan kualitasnya. Baru dipakai beberapa kali, luntur kainnya. Terus kainnya mudah basah, padahal katanya PUL juga. Insertnya tipis dan hanya tahan sebentar *muatan air kencingnya sedikit. ^^ Yang QQ Minky, juga kurang suka, karena dipakai Daffa, jadi keliatan popok aja. Hehehee.. *Kebesaran popok. Kurang ramping rasanya. Dan tipe clodinya snap lagi. >.<
Thats all, pendapat saya. Jika ada perbedaan pendapat antara saya dengan para pembaca, harap maklum yaahh.. Namanya juga penilaian versi kami. Dan tiap orang kan punya kesukaan masing2. But overall, itulah testimoni kami mengenai cloth diapers yang selama ini Daffa pakai.
Trims buat yang udah bikin clodi. Very usefull, very helpfull. Saya suka. Dibandingkan memakai diapers sekali pakai. ^.^ Saya kurang suka, dan tak pernah memakainya untuk Daffa. Sekiaaannn... :D

19 comments:

Amahborneo said...

Wah komen anda jelas banget, nggak bingung lg nih milih clodi, thank you

Unknown said...

Kalo babyland gimana mbak?

aNNas said...

sama2 amah borneo, sangat senang jika ada artikel yang bermanfaat.. :)

bunda ani wikanta. iya, saya juga setelah menulis artikel ini juga akhirnya mencoba babyland. ini juga bagus, favorit saya, kalau dirating, setingkat dengan pempem.. *menurut saya.. :)

Neng said...

Aq baru coba pake clodi,bima baru usia 2 bln clodi ÿª♌ƍ direcomendasikan tmen kantrku merk minky..jd y aq bli..mnurtku bagus *karna blum coba merk lain.ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ(ˆˆړ) ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ (ˆˆړ) [̣̇o̲̲̲̅]̣̇[̣̇κ̲̲̲̅]̣̇[̣̇e̲̲̲̅]̣̇ deh bun slamt berclodi ria

aNNas said...

iya mbak,,slamat memakai clodi.. apalagi sekarang makin banyak merk mbak,, saya sendiri sudah pensiun dr clodi.. anak udah bisa toilet training.. ^__^

Unknown said...

thanks buat review nya..
jadi tau beda2 nya clodi apa aja..
yaa walaupun belom bisa beli (coz baru 3 bln hamil), tp emang dari dulu mau coba yg namanya clodi..
biar ga banyak sampah eeen lebih hemat tentunya..
^v^

aNNas said...

.renny. hehehe siap mbak, senang jika bermanfaat.. etapi skr jauh lebih banyak merk clodi mbak,, jaman saya waktu itu clodi baru bberapa merk aja..
silahkan diexplore yahh.. :)

mak irul said...

Makasih mb buat reviewnya...lengkap. Ini lahi milih2 clodi dan panik krn trnyta motifnya lucu2 bikin pengen borong hehehe

mommynya hanif said...

Mba annas, betul sekali sekarang sudah banyak m
Pilihan ya mba krn banyak merk baru bermunculan. Selmt y mb dah merdeka hihi.... tp mesti kadang kangen pngen mopoki bayi.. belum ada bahas prefold y mb?

Klo punya newborn, ada merk lokal baru mb tp kualitas bagus sekali, prefold ecobum mirip prefold2 brand usa, prefoldnya lembuuuuuuut bgt, daya serap dan daya tampungnya jg top bgt tp harganya jauh lbh murah. Klo pakai prefold bumwear masih basah kuyup dan g selembut ecobum jg g sefluffy ecobum, klo prefold ecobum lembab j mb klo dah penuh,dipake bobo tanpa liner stay dry bayi ttp nyaman bobo, makeinnya dg snappy mb, abis itu dipakein universal cover/uc nya lembut dan rapi krn didalamnya udah ada kantong buat nyelipin prefoldnya spy g keluar2 dr cover. jd seneng buat eksperimen ke bayinya hihihi...

Mba renny yuliantyulianti udah nyoba merk apa aja mb? Betul mb, ikut mlestarikn bumi dg mngurangi sampah, seenggakny lbh bijak mgunakn pospak y..

Anakku selain pake uc cover ecobum dan prefold, skrg jg suka ecobum yang snap mba, snapnya tooooop bgt,kuat bgt tapi g nyiksa pas ngelepasnya he.. rapi dan gampang pakenya, lbh suka yg pul krn cepet kering, yg minky jg bgs bgt tebel n lembuuut. Udah ada double leg gussetnya jg baby klo pupnya encer g belepotan kluar. So far puas bgt sm merk lokal baru yang 1 ini mba, harganya jg terjangkau. Jangan2 udah coba jg mba,he..

aNNas said...

mommynya hanif. waaahh iya sekarang banyaakk bgt merk baru.. motifnya pun pada unyu2 bikin mupeng.. tapi untung ga mupeng,, karna clodi sbelumnya udah banyaakk..wkwkwk. *sambil liat kantong. dr mommy hanif sih,,aku cuma sempat nyicipin yg leg gussetnya itu,,karna bagus juga dan bs buat anak dg bb gede,,lainnya hanya sekadar tau kata ornag kalo itu bagus :D

makasih ya mmmy hanif atas tambahan reviewnya..
bisa memperkaya wawasan pembaca di sini.. :) *kayak laris aja blog ini,,wkwk,,padahal gaje..*

Marlitha Giofenni said...

Terima kasih reviewnya mbak, teman2 di sekitar saya belum ada yang punya pengalaman :)

Anonymous said...

mba annas maw donk review ecobum klalo da nyicip si leg gusset, jd penasaran sama review ecobum katany bagus"

Unknown said...

kalu clodi biasanya di pake brp jam pemakaian ya bun

aNNas said...

pemakaian 8 jam maksimal, atau segera diganti apabila anak poop atau insertnya sudah penuh dengan kencing.. :)

Unknown said...

Bun, minta recomen nya dong buat baby newborn pilih clodi yg mana?
Mksh

Unknown said...

Saya baru pake babyland. Tapi kenapa baru pake 2 jam sudah tembus ya?? Kasur jadi belepotan pipis. Yg punya pengalaman tlg di bagi dong!!!!

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Klo untuk newborn itu insert microfiber ataw prefold atw insert long birdy.. Soalny blm pernah make..dan bedanya apa..? Mohon bantuanbya

ISNA RAHMANI said...

beli clodi merk cluebebe dmna ya ? di ig adakah bun?

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...