Wednesday 11 September 2013

Menyelamatkan Blog dari Direct Link ke MahesaJenar :D

Ya, barusan kaget sekaget2nya, ketika membuka halaman blog ini, kok langsung ke-direct ke alamat http://ww2.mahesajenar.com/?folio=7POYGN0G2 Udah panik, dikira kena hack. Toh siapa pula sih yang akan menghacking blog ini, lha isinya saja cuma ngalor ngidul meluapkan kegalauan hati yang penuh kontroversi hati, apalagi di situasi labil ekonomi yang sedang kuhadapi. ahahaha.. :p Udah kenavirus vickinisasi saia..

Tapi ketika saya membuka blog versi mobile, everything is okay. blog masih terbaca dan idak terdirect ke situs mahesa jenar. berarti, instingku saat itu, bukan pada kesalahan html blogspot maupun isi tulisan saya. berarti itu ada suatu error di widget atau kreasi tambahan yang saya buat untuk mempercantik blog saya.

Akhirnya ubek2 layout design blogspot sembari googling, bagaimana mengatasinya. Dan... alhamdulillah, langsung ketemu jawabannya. Ternyata, kasus link blog yang teralihkan ini udah sering banget terjadi.Di kasus saya, ternyata widget RANDOM AYAT telah terganti dengan link dari mahesa jenar tadi. dan inilah langkah2 tuk menyelamatkan blogmu agar kembali ke tanganmu dan dapat dinikmati para pembacanya lagi. hehehe...

  1. Masuk ke akun Blogger/Wordpress
  2. Pilih blog yang link-nya selalu teralihkan
  3. Pilih Tata Letak
  4. Cek masing-masing script widget yang 'mencurigakan'
  5. Setelah terbuka script-nya, tekan Ctrl+F, dan tulis link yang kita selalu masuk ke sana tiap buka blog, dalam kasus saya, saya coba mypageresults, atau mahesajenar
  6. Setelah ketemu, hapus aja widget yang mengandung script itu
  7. Simpan pengaturan, dan cek blog kita.
Ternyata oh ternyata, yang membawa link mahesajenar.com adalah script widget Random Ayat yang saya pasang. Dan daripada gimana2, sala delete aja langsung widget tersebut,hihii.. Toh blog saia sudah cukup rame dg banyak widget. akhirnyaaa,,blogku kembali lagii... Cihuyyy!!! (^0^)/

Tapi karena penasaran, saya pun nyari widget Random Ayat lagi. Siapa tau ada widget yang bersih dari mahesajenar. Tapi semua blog yang menyediakan widget Random Ayat, script-nya sama semua dengan yang saya hapus tadi. Artinya, saya gak mungkin pake script itu lagi. Setelah saya selidiki, ternyata semua blog yang mengandung widget Random Ayat dengan script itu, link-nya selalu dialihkan ke mahesajenar.com, atau mypageresults. Penasaran, saya coba aja buka mahesajenar.com, yang merupakan domain asli penyedia script itu. Dan saya pun menemukan penyebab link teralihkan ke mypageresults. Ternyata, domain mahesajenar itu sudah tidak ada lagi. Pantesan aja... -_-

Yang penting sih, blog saya sudah kembali normal. Gak usah bingung-bingung amat deh kalo misalnya suatu saat nanti blog ente juga ngalamin hal yang sama kayak saya. Kalau ada masalah, pasti ada jalan keluarnya. PASTI itu! Tinggal temuin aja jalan keluar yang pas di masing-masing kasus. :D

4 comments:

Anonymous said...

Kemarin aku juga menemukan situs yang teralihkan. Punyanya millati indah. Uniknya malah dia tidak tahu. Saya infokan saja lewat mobile. Dia sempet kebingungan bagaimana cara mengatasinya.

aNNas said...

iya samaa,,awalnya aku juga panik..
kemarin baik saja, sehari setelahnya langsung eror..
semoga segera bisa balik ya blognya.. :)

Unknown said...

gan kok gak ketemu ya ane udah nyari nyari tu script mypageresultsnya :(

aNNas said...

.zenal. coba buka blog, bagian layout/desainnya.. buka semua widgetnya yg kemungkinan kena mahesa jenar. kalo aku kasusnya via random ayat.. nah saranku hapus aja itu widgetnya.. nanti blog bisa "diambil alih" dan pulih seperti sedia kala.. :)

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...