Monday, 23 July 2012

Cerita Berjualan via Online Shop: Pelajaran Berharga dari Sebuah Pengalaman


Ketika merasa jualan Buku Bantal (SoftBook/Buku Kain) sudah cukup stabil, saya iseng melebarkan sayap dengan berjualan baju. Berbekal dengan keisengan saja, saya kemudian membeli bermacam jenis baju. Memang, modal masih minim sih, hehehe.. Modal dari keuntungan berjualan buku bantal yang saya putar lagi untuk modal jual baju. Tapi dari dua usaha kecil2an inilah saya semakin mendapat banyak pelajaran tentang berdagang. ^_^
Memang, saya sering membaca bermacam artikel tentang bisnis, dan mengerti betul step2 dan risikonya. Namun, pelajaran dari sebuah pengalaman, lebih “nampol” dan membekas, dibanding hanya sekedar tahu dan mengerti dari membaca/cerita orang. Ini sedikit pelajaran dari saya, pelaku kecil, dari sebuah online shop yang hanya lewat facebook saja. Silahkan menambahkan juga, boleh banget itu.. Bisa tambah ilmu saya, dan pembaca semua..  : )  **Kayak ada yg baca aja, wahahaayy..**
Pertama, Pikirkan masak2 apa yang akan kita jual. Juga sasaran dari produk kita. Dan lahan yang bisa kita garap.
FB saya,
www.facebook.com/annas.jasmine awalnya hanya untuk menjual buku bantal saja.  Jadi saya membidik pertemanan ke ibu-ibu yang sudah mempunyai anak. Ketika merambah ke menjual baju, saya lupa (beneran lupa! Hehehe..) membeli beragam produk yang “gaul” ala anak muda. Jreng..jrengg.. so pasti kurang nyambung ya,,sama ‘klien’ saya yang notabene ibu-ibu dan badan sudah tidak sama saat muda dulu.. hihiii...
Tapi tak mengapa, saya beranggapan hanya masalah waktu. Dan buat saya, sudah terlanjur basah, pantang untuk mundur.. :p Titik amannya, saya ‘memperbaiki’ jualan saya. Mungkin lebih bagus, jika menjual barang anak2 dan baju anak2. Hehehe.. *Tapi sayang, lg ga ada duit, jd ga punya modal.. : (
Kedua, siapkan buku tabungan yang bervariasi untuk memudahkan pembeli transfer uang. Siapkan juga, alternatif media pengiriman yang murah namun berkualitas. Kedua hal tsb merupakan pelayanan kita kepada customer agar merasa nyaman dan senang.
Jangan hanya terkecoh dengan murahnya saja. Pengalaman saya, pernah memakai jasa tsb namun pengirimannya lama dan pelayanan kurang profesional. Ada pula yg nyasar, bukan ke Cimahi (tujuan alamat) malah ke Cibitung.. ^^, Jadi, bijak2lah dalam memilih. Untuk transfer, pengalaman saya, banyak yang request melalui BCA dan Mandiri. Mungkin banyak yang menjadi nasabah di dua bank itu kali ya.. :p
Ketiga, Siapkan juga media pemasaran yang beragam. Mulai dari facebook, blog/web, BBM, twitter, dan lainnya yang dirasa bisa menjangkau calon konsumen/pembeli. ^___^
Oke, untuk yang satu ini saya akui: saya ga banget! Ahahaa... Pertama, karena saya murni hanya jualan dari FB, dan tak punya BB (Blackberry) **Hape saya Nokia yg cuma bisa sms n telpon doank**. Memang, banyak customer yang merasa lebih senang dan nyaman, melihat produk/order barang via BBM. Banyak pula yang menanyakan pin BB saya, untuk tahu semua produk lebih detail. Tapi alhamdulillah, meski saya banyak keterbatasan dalam pelayanan pemasaran, tetap banyak yang membeli kok. :p Selain memang butuh, juga saya imbangi dengan respon cepat via sms dan jujur dalam menerangkan produk. Plus memberi beragam saran, agar pembeli dapat merasakan manfaat optimal dari produk yg kita jual.
Keempat, perlu juga sarana sms-banking atau e-banking, untuk pengecekan transfer dari pembeli. Dulu, 2 minggu awal, kami mengecek setiap transfer dari pembeli via ATM. Capek dan memakan waktu juga ternyata. Hihii... Akhirnya, kami daftarkan semua tabungan kami ke e-banking ‘pasif’, *Hanya bisa cek saldo, tp tak bisa melakukan pembiayaan finansial.. * Ini juga salah satu bentuk pelayanan prima ke pembeli. Agar kita cepat tahu transfer uang berhasil, dan barang segera dibungkus untuk dikirim  ke pembeli. : )

Kelima, pembeli selalu suka iming-iming diskon dan sebangsanya. Jadi, tawarkanlah barang dengan beragam cara unik, diskon, voucher, bonus untuk pembelian tertentu, free-ongkir daerah tertentu, free ongkir dengan pembelian jumlah tertentu, subsidi ongkir, dan lain sebagainya. :D
Last, Selamat berjualan ria! Pemula? Ya sama. Yang penting: Usaha, tak berputus asa, banyak inovasi. Semoga menjadi salah satu pintu rezeki kita yang halal nan barokah. Amiinn.. ^.^

7 comments:

ayu said...

saluuut..


kami juga pengen bisnis tapi maju mundur gak jadi jadi
#malu

semoga makin sukses ya deeek
sun sayang bwt daffa

aNNas said...

.mbak ayu.
halaahh,,ini juga maju mundur mbak..
tp satu hal: ketika udah ada modal buat usaha, kami pasti udah merelakannya, misal ga bisa balik modal..
jadinya ya itu, berjualan kecil2an dulu..
maklum, masih banyak tanggungan.. ^^

oke, sun-nya disampein nanti..
titip sun jg ya buat dek fayyadh..
semoga sok lebaran bisa ketemu,,amiiinn.. :)

Anonymous said...

:)

berjualan itu banyak seninya
yg udah lama jualan aja masih belajar kok

aNNas said...

.mb rina. iyaa,,hahaa..banyak seni, banyak cerita, banyak pengalaman.. Dan bisa bikin ketagihan.. ^^
slalu ada pembelajaran yg baru pokoknya..
semangat aja deh.. :D

Yenci Carolina said...

wauww...sungguh memotifasi apalagi untuk sy yg masih awam bgt dlm berjualan online.makasih y mba.

aNNas said...

iya mbak, monggo, alhamdulillah jika bermanfaat. saia jg newbie in online shopping, masih belajar jg,,

aNNas said...

.RZ Adit. yupp..semoga menjadi berkah dan ladang rezeki yaa.. salam sukses!!

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...