Thursday 17 November 2011

Ketika Ortu Menjenguk Si Kecil Daffa

Saat-saat melahirkan, tentunya banyak para calon ibu, ingin didampingi oleh orang tuanya (kandung atau mertua..) selain tentu saja sang suami tercinta.  Meskipun hanya menemani tanpa membantu apapun, however, sangat sangat membangun kepercayadirian, semangat dan motivasi bumil di kala detik-detik sang buah hati dilahirkan.

Alhamdulillah, Bunda satu ini juga ditemani dan didukung suami tercInta saat detik2 melahirkan. Dibantu mendorong, menyemangati, menyiapkan segala hal. Meski, ada yang kurang lengkap tanpa kehadiran orang tua. Terlebih kami sangat awam dalam merawat bayi (pertama kali memegang bayi bo’..!?) sempat membuat Bunda kena “Baby Blues” di awal2 Daffa lahir. ^^ Alhamdulillah juga, Ayah sangat melengkapi. Di kala masa penyembuhan plus kena “Baby Blues”tersebut, Ayah berperan tak hanya sebagai seorang suami namun juga istri. Mulai dari mencuci, membersihkan rumah, hingga kegiatan dapur: memasak. :D Makasih ya sayaaannkk... ^3^ Ure the besstttt...!?!?! *Recovery saia sampai 3 minggu,,jahitan banyak n ada sedikit trouble di bagian itu juga..^.^

Sampai ketika Daffa berumur 5 mingguan, akhirnya orang tua kami bisa menjenguk cucunya yang menggemaskan itu. : ) Of course..I was sooo..happyy... :D Menyiapkan segala hal demi kedatangan mertua dan ortu, menjadi tuan rumah yang terbaik buat mereka (dan Alhamdulillah pada “krasan” smuaa..hehee) Tapi, ada hal yang menggelikan, seperti “deja vu” saat membaca beberapa artikel dulu di masa Bunda lagi hamil, yang intinya: “Justru orang terdekatlah yang kadang menggagalkan program ASI Eksklusif Bunda, salah satunya ya ortu kami sendiri alias Mbahnya Daffa” : )

Dikritik beberapa keputusan yang kami ambil dan sudah dpikir masak2. Diprotes juga keputusan untuk full memberikan ASI ke Daffa, Insya Allah, semoga lancaarr.. : ) Dan banyak teguran plus nada heran akan perawatan kami buat Daffa tercinta. Here they are some of their question bout “ASI Eksklusif”....

FAQ. 1
“Daffa dikasih susu merk apa?” *mungkin mau merekomendasikan merk tertentu karena bla bla bla..
Hohoo..kami jawab: susu merk cap nona,,alias ASI saia sendiri...ahahhaa.. Mendengar jawaban itu, langsung deh keningnya berkerut membentuk lipatan2 yang buanyaaakk saking herannya..hihiii.. Sepersekian detik kemudian, langsung diberondong kalimat2 protes. hehee..

FAQ. 2
“Kok cm ASI? Kurang bagus itu, kasih susu kaleng juga. Gimana coba kalo besok sudah kerja?”

Yayayaa...Bunda Cuma mesam mesem mengiyakan aja. Karena gak baik juga sih secara lugas menentang perkataan ortu. Hanya memberikan sedikit pengertian aja, bahwa justru ASIlah susu yang terbaik. Jaman baheula, zaman Rasulullah dulu, juga ga ada sufor2 githu..but everything was ok,rite? :p Begitulah analogi yang kami berikan.. :p

FAQ. 3
“Heh? ASI diperas? Pakai alat gituan? Apa gak sakit?”

Iya, Mbahnya heran mungkin ya ngliat Bunda lagi asik memeras ASI pakai breastpump electric (makasiihhh sangat bwt temen2 pegawai atas kado berharga ini..hehehe..). Bundanya sih Cuma bilang ga sakit kok. Mau bukti? Nih coba aja sendiri..ehehehe.. (Sambil meneruskan merasnya sembari ngenet *multitasking,efisienkan waktu,.. :p)

FAQ. 4
“Wakkss..?! ASI disimpan di kulkas? Dibekukan? Apa gak basi?”
(Beneran deh, para ortu kami kaget sekaget2nya mendengar ASI dibekukan. Mungkin baru pertama kali mereka dengar kali yah.. ^^, Dan langsung panik, menghujani berbagai macam pertanyaan bertubi2 dan saia hanya melongo....)
Untuk yang satu ini memang cukup susah memberikan pengertian kepada mereka. Mereka tetap kekeuh khawatir cucunya tersayang disuapi ASI beku tersebut. Ya, kami mah juga tak bisa menyalahkan, dan hanya menenangkan: “Tenang, Pak, Bu..ini juga termasuk saran dari Dokter kok. Malah Dokternya sendiri yang men-support untuk stok ASI, apalagi pas Bunda nanti bekerja.” (Bo’onk dikit tentang Dokternya,,ahahaa.. White lie..kalo untuk kebaikan ya kenapa tidak? Lagi males njelasin panjang lebar..)

FAQ. 5
“Mau dikasih buah kapan? Bagusnya pas umur 4 bulan, Mbak. (Panggilan ibu mertua ke Bunda).Pepaya, apel, bagus itu.”

Wohoho..orang ASI eksklusif aja sampai umur 6 bulan.. >.< Ini dikasih MPASI buah dari 4 bulan,,hehhee.. Bunda iya2in aja deh pokoknya saran2 dari ortu semua dan teteup, pake jurus mesam mesem jinak2 merpati..ahaha.. Toh juga besok yang menjalani kami,, (ortu hanya berkunjung seminggu ajah).

Dan masih banyak tanya ini itu dari para ortu. Wedeww..sampai kadang kewalahan deh njawabnya dan menjelaskan dari segi medis. (Kami juga gak pakai gurita bayi, pijat bayi sendiri, gak pake bedak n baby oil, etc... yang notabene berbeda penanganan saat dulu ortu merawat kami,,hehehe...). However, please just trust us in taking care of Daffa, coz of course we always try to give the best for our beloved son..!? : )

Tapi, meskipun diprotes dan diberondong banyak pertanyaan tentang Daffa,, Bunda lebih milih diprotes terus tapi mereka menemani di Pekanbaru teruuss..daripada ga diprotes tapi mereka di Jogja-Magelang.. Hahaha,,ngarep... Habisnya..sudah dua hari berlalu setelah ortu pulang Jogja, rasa kangen masih mendera.. uhuhuuhuu.. T.T (Bersabar sampai besok Mei insya Allah,,rencana mau pulang Jogja,, *masih lamaaa....T.T)

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...